Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Perspektif Marketing Syariah

Hardiyanto, Febri (2024) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Perspektif Marketing Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Febri Hardiyanto - 1903021029 - PBS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah rencana yang diterapkan pada bidang pemasaran untuk mencapai hasil yang maksimal, yaitu dengan melakukan pendekatan untuk menawarkan dan menjual suatu barang atau jasa kepada masyarakat (dalam hal ini produk BMT). Dapat diketahui anggota BMT Adzkiya Metro dari tahun ke tahun meningkat. Disisi lain, banyaknya BMT yang tutup ternyata tidak memiliki dampak yang besar bagi BMT Adzkiya Metro, ternyata kepercayaan anggota tidak menurun, jumlah anggotanya tidak berkurang, bahkan minat masyarakat bergabung menjadi anggota dan menggunakan produk BMT juga tidak menurun. Hal ini akan berdampak dengan peningkatan jumlah anggota BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut akan terus terjadi BMT Adzkiya Khidmatul Ummah Metro selalu meningkatkan kegiatan pemasarannya secara terpadu dan terus menerus.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota BMT Adzkiya Khidmatul Ummah perspektif Marketing syariah. Jenis penelitian ini adalah field reserch atau penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan tiangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif lapangan.

Hasil penelitian ini yaitu: Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota dalam melakukan pemasaran produk sesuai dengan marketing syariah yaitu product (produk) dalam ajaran Islam harus halal, bermanfaat, tidak mengandung unsur gharar (tidak jelas) karena produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pemilihan jenis produk akan menentukan kegiatan promosi yang diperlukan seorang atau perusahaan harus meyakni hukum-hukum taistis rabbaniyah merupakan hukum yang paling adil, sempurna, paling selaras dengan segala bentuk kerusakan, Salah satu ciri khas pemasaran syariah adalah sifatnya yang regilius. Produk sebagai segala sesuatu yang dapat ditawarkan pada pasar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat selain itu persyaratan mutlak yang juga harus ada dalam sebuah produk memenuhi kriteria halal dan toyib (baik) jika semua sudah terpenuhi maka taistis (Rabbaniyyah) dimana dalam mengenalkan produknya kepada calon konsumen tidak ada unsur tipu menipu serta menjelaskan langsung berapa harga produk yang ingin dibeli oleh calon konsumen tersebut.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Jumlah Anggota, Marketing Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:33
Last Modified: 06 Mar 2024 04:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9318

Actions (login required)

View Item View Item