Rezeki, Siska Sri (2024) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD N 3 Purwodadi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SISKA SRI REZEKI - 1901030035 - PGMI.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan ukuran dari tingkat pencapaian atau penguasaan suatu materi atau keterampilan setelah proses pembelajaran dilakukan. Hasil belajar mencakup pemahaman, pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dimiliki oleh individu sebagai hasil dari pengalaman belajar. Faktor yang mampu mempengaruhi hasil belajar salah satunya yaitu motivasi belajar. Motivasi belajar yang rendah pada siswa kelas V SD N 3 berdampak pada hasil belajar yang rendah. Sehingga tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD N 3 Purwodadi.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Sifat penelitian ini yaitu peelitian Expost Facto. Populasi dan smpel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD N 3 Purwodadi dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian dengan menggunakan uji T menunjukan nilai thitung sebesar 4,453 artinya thitung > ttabel (4,453 > 1,734). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh antara variabel motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar (Y) mata pelajaran IPA siswa kelas V SD N 3 Purwodadi.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:42 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9319 |
Actions (login required)
View Item |