Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Banjarrejo Lampung Timur

Arani, Septa (2024) Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 1 Banjarrejo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI SEPTA ARANI - 2001030031- PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pada hakikatnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi antara peserta didik dan guru. Kegiatan belajar di kelas bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang baik yang ditunjukkan dalam bentuk penguasaan, pengetahuan dan kecakapan dasar sehingga tampak perubahan pada tingkah laku dari seorang individu. Untuk mencapai hasil belajar yang baik banyak diperlukan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa agar mudah menerima materi yang disampaikan secara langsung seperti menggunakan metode mind mapping atau peta pikiran. Metode mind mapping merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan cara meringkas hal-hal penting dalam suatu materi pelajaran dalam bentuk peta pikiran, sehingga peserta didik akan lebih mudah mengingat materi tersebut.

Metode penelitian yang digunakan merupakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IV SDN 1 Banjarrejo dengan jumlah siswa 21 siswa. tindakan yang dilakukan yaitu dengan menerapkan metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa indonesia. Cara yang digunakan untuk memperoleh data-data agar bisa memaparkan terkait Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi.

Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 1 Banjarrejo, Lampung Timur. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran selama 2 siklus dengan 3 kali pertemuan disetiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar pretest siswa yang tuntas 7 siswa (33%) pertemuan pertama ini masih dikategorikan belum maksimal, guru masih kurang dalam mengkondisikan kelas. Pada hasil belajar posttest siklus I siswa yang tuntas 12 siswa (57%) guru sudah dapat menguasai kelas dan siswa sudah mulai focus belajar dengan baik. Sedangkan siklus II Pertemuan pertama hasil belajar pretest siswa yang tuntas 15 siswa (71%) pada siklus II ini dikategorikan cukup memuaskan, terjadi peningkatan kembali pada hasil belajar posttest siklus kedua siswa yang tuntas 19 siswa (90%) dapat dikategorikan sudah cukup memuaskan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian di akhir siklus siswa yang memenuhi KKTP ≥70 mencapai 90% dengan demikian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Banjarrejo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Kunci: metode mind mapping, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:45
Last Modified: 28 Feb 2024 02:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9325

Actions (login required)

View Item View Item