Kadafi, Ahmad (2024) Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SD Negeri 2 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Ahmad Kadafi -1901011008 - PAI.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam memiliki kontribusi yang besar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik. Pengembangan ini terutama dilaksanakan melalui proses interaksi dalam pembelajaran. Namun, pada kenyataannya kontribusi ini belum sepenuhnya dapat terlaksana dengan optimal.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang mendapat respon yang tidak baik dari peserta didik pada saat menjelaskan materi pelajaran, masih banyaknya akhlak peserta didik yang belum mencerminkan akhlak seorang muslim, banyaknya peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah, banyak peserta didik mencontek dalam proses pembelajaran dan lain-lain.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu untuk mengecek keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Analisis dan pengelolaan data juga diambil ketika peneliti berada langsung dilokasi penelitian dan setelah itu data yang didapan dilapangan kemudian dikumpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi guru Pendidkan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik sudah terlaksana dan berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari kontribusi guru pendidikan agama islam sebagai motivator, pembimbing dan selalu memberikan nasihat dan motivasi kepada peserta didik. Kontribusi guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu memberikan arahan, nasehat, motivasi dan melalui pembiasaan-pembiasaan yang diterapkan, hal tersebut bertujuan agar peserta didik bisa terbiasa dengan kegiatan yang bersifat keagamaan dan diharapkan dapat tertanam didalam diri peserta didik. Faktor pendukung guru dalam membimbing kecerdasan spiritual peserta didik yaitu pembiasaan, adanya kegiatan yang bersifat keagamaan dari sekolah dan fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut, sedangan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu usia anak SD yang pada umum masih tertarik dengan dunianya sendiri seperti bermain dan lainnya serta faktor eksternal yaitu dari dampak negatif HP dan pengaruh lingkungan.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:37 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9328 |
Actions (login required)
View Item |