Syahrudin, Ferdian (2024) Penggunaan Metode Pembelajarn Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs Muhammdiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Ferdian Syahrudin - 2001011041 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VIII ICT MTs Muhammdiyah Metro yang pasif/tidak aktif dalam proses pembelajaran. Rendahnya Hasil Belajar siswa kelas VIII ICT MTs Muhammdiyah Metro dalam pelajaran SKI dapat di dibuktikan dari adanya nilai Hasil Belajar siswa dalam pelajaran SKI di semester genap. Nilai hasil belajar siswa yang memiliki nilai tidak tuntas sebanyak 87,5%, sedangkan siswa yang tuntas hanya 12,5%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi hasil belajar siswa kelas VIII ICT MTs Muhammdiyah Metro dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran SKI Sangat rendah.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional serta penggunaan metode yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajara SKI dengan menerapkan metode jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VIII ICT MTs Muhammadiyah Metro yang berjumlah 16 siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus (setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan), dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Test, observasi,dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode hasil belajar pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro dapat meningkatkan Hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu mencapai 56,25%, sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus II mencapai 87,5%. Hal itu menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 31,25%. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode jigsaw pada mata pelajaran SKI klas VIII ICT dapat dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Jigsaw, SK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:37 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9329 |
Actions (login required)
View Item |