Oktaviyanti, Riris (2024) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SDS Citra Insani Berbasis Sekolah Islam Terpadu (SIT) Rawa Jitu Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Riris Oktaviyanti - 1901010063 - PAI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Pelaksanaan program pendidikan harus terdapat sebuah kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan yang diterapkan akan berkembang mengikuti perkembangan zaman, salah satunya yaitu kurikulum merdeka. Namun, dengan pesatnya era modern menjadikan ilmu pengetahuan umum peserta didik harus diseimbangkan dengan ilmu pengetahuan Islam, salah satunya yaitu Sekolah Islam Terpadu (SIT), yang merupakan perpaduan antara pendidikan umum dengan pendidikan agama. Suatu kurikulum pendidikan tidak akan berlangsung optimal jika tidak disertai dengan manajemen kurikulum pendidikan. Terlebih kurikulum yang digunakan adalah kurikulum nasional berupa kurikulum merdeka yang dipadukan dengan lembaga pendidikan Islam berupa Sekolah Islam Terpadu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari manajemen kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Citra Insani yang berbasis Sekolah Islam Terpadu awa Jitu Tulang Bawang, yang berfokus pada pelaksanaan dan evaluasi kurikulum di Kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Citra Insani berbasis Sekolah Islam Terpadu menggunakan perangkat dan pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka dan dipadukan JSIT berupa internalisasi keislaman kedalam materi pelajaran. Begitu juga evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, yang dilakukan dengan menggunakan 4 jenis assesment dengan konsep kurikulum merdeka, serta menggunakan 2 jenis evaluasi pembelajaran berupa rapor umum sesuai dengan kurikulum merdeka dan rapor kekhasan Sekolah Islam Terpadu dari lembaga JSIT berupa penilaian Tahfidz dan pembiasaan pribadi islami.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Sekolah Islam Terpadu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9331 |
Actions (login required)
View Item |