Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Toto Harjo Purbolinggo

Wati, Indah Kurnia (2024) Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Toto Harjo Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI INDAH KURNIA WATI - 2001010026 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran cooperative learning adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, bertujuan agar siswa saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama. Sehingga siswa akan merasa tertarik dan merespon pembelajaran dengan rasa semangat saat tugas nya bisa dikerjakan dan diselesaikan secara bersama sama. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar PAI di SDN 1 Toto Harjo. Hal ini dilihat dari kurangnya keinginan dan hasrat seorang siswa untuk belajar, misalnya ketika guru melakukan proses pembelajaran di dalam kelas masih banyak siswa yang asik sendiri dengan kegiatannya, mengobrol dengan teman sebangkunya, ketika guru memberikan pertanyaan banyak siswa yang kurang antusias dalam menjawabnya dan dilihat juga dari hasil belajar yang diperolehnya selama proses pembelajaran berlangsung. Upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, seorang guru diminta untuk lebih bisa mengembangkan suatu model ataupun metode pembelajaran yang mana dapat memicu adanya interaksi siswa atau keterlibatan pada saat kegiatan pembelajaran, sehingga siswa akan merespon pembelajaran dengan rasa semangat dikarenakan munculnya motivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas V SDN 1 Toto Harjo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru PAI, siswa kelas V, kepala sekolah dan wali kelas. Sedangkan penjamin keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengggunaan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan motivasi belajar PAI, hal itu dapat dilihat dari cara belajar siswa yang lebih mudah memahami baik secara teori maupun prakteknya. Faktor pendukung penggunaan model pembelajaran cooperative learning diantaranya, adanya keterlibatan dan kerjasama baik antara semua pihak sekolah dan adanya minat siswa yang selalu bersemangat dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran PAI dan faktor penghambat penggunaan model pembelajaran cooperative learning diantaranya, adanya keberagaman siswa berupa perbedaan minat, bakat dan cara belajar, dan kondisi siswa yang berupa kondisi psikologis maupun jasmani serta keterbatasan sumber belajar yang ada di sekolah.

Kata Kunci : Model Cooperative Learning, Motivasi Belajar, PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:39
Last Modified: 28 Feb 2024 02:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9332

Actions (login required)

View Item View Item