Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Al Islam Dalam Pembinaan Etika Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 1 Metro

Enjelina, Elen (2024) Peran Guru Al Islam Dalam Pembinaan Etika Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI Di SMK Muhammadiyah 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI ELEN ENJELINA - 2001010019 - PAI.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Etika berkomunikasi merupakan suatu ilmu tentang kesusilaan dan perilaku manusia di dalam pergaulanya dengan sesama yang menyangkut prinsip dan aturan tentang tingkah laku yang benar. Di dalam sekolah masih banyak siswa berkomunikasi dengan gurunya masih menggunakan bahasa yang kurang sopan atau kurang baik yang bisa menyinggung perasaan seseorang yang ada di dalam lingkungan sekolah tersebut yang setiap kali berinteraksi dengannya di sekolahan tersebut. Contoh yang mana masih banyak siswa yang berbicara dengan gurunya seperti temanya sendiri yang menggunakan bahasa yang selayaknya tidak harus digunakan. Guru harus menjadikan dirinya sebagai contoh atau teladan. Siswa menilai guru mereka sebagai contoh dalam bertindak dan berprilaku baik ataupun buruk. Guru Al Islam menempati posisi terdepan dengan merealisasikan tujuan pendidikan Islam, tujuan pendidikan Islam adalah membentuk kepribadian seseorang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari informan (kepala sekolah, guru Al Islam dan siswa) terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di SMK Muhamadiyah 1 Metro. Kajian ini menunjukkan bahwa: penerapan etika berkomunikasi pada siswa dilakukan dengan mentransfer ilmu guru Al Islam dengan menanamkan nilai nilai ajaran Islam dalam diri siswa, melalui penanaman nilai, siswa dapat membedakan perbuatan baik dan buruk. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui peran Guru Al Islam dalam pembinaan etika berkomunikasi Siswa Kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2023/2024.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada siswa yang berkomunikasi dengan gurunya menggunakan bahasa yang kurang sopan atau kurang baik, berbicara dengan gurunya selayaknya temannya, ketika sedang belajar mereka berkomunikasi dengan teman sebangku atau teman kanan kiri tidak memperhatikan guru menjelasakan, kemudian ketika di luar mata pelajaran ada peserta didik yang memanggil gurunya kurang sopan, pada saat guru menjelaskan materi ada peserta didik yang memotong penjelasanya, pada saat berbicara ada peserta didik yang meninggikan suaranya yang terlihat suara peserta didik lebih besar dari suara guru dan ketika berbicara dengan gurunya tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kata Kunci : Etika Berkomunikasi, Guru Al Islam, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:43
Last Modified: 28 Feb 2024 02:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9336

Actions (login required)

View Item View Item