Damayanti, Anti (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Anti Damayanti - 1801010014 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Akhlak adalah pondasi inti di dalam pembentukan pribadi manusia secara utuh. Pembentukan akhlak haruslah dilakukan secara teratur dan terarah agar siswa dapat mengembangkan serta bisa praktek di dalam kehidupan sehari-hari. Karena salah satu faktor penyebab kegagalan Pendidikan Islam selama ini adalah rendahnya akhlak siswa.
Seorang guru tidak hanya bertugas sekedar mentransfer ilmu kepada peserta didik, tapi juga mengarahkan hingga membentuk akhlaknya terutama guru Pendidikan Agama Islam. Guru tidak hanya mentransferkan dan memberikan pendidikan dan pengetahuan saja kepada siswa akan tetapi lebih kepada usaha untuk membentuk dan memperbaiki karakter siswa, dari yang semula kurang baik menjadi lebih baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa di kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat peran guru agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa di kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : 1) peran guru agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa di kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru agama Islam dalam pembinaan akhlak pada siswa di kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro.
Jenis penelitian ini merupakan kualitatif lapangan (field research) bersifat deskriptif atau penelitian yang berfokus menggambarkan objek sesuai keadaan asli. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan 27 Siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro. Peneliti menggunakan jenis triangulasi teknik. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Metro adalah sebagai pendidik, pembimbing dan teladan. Peran guru sebagai pendidik adalah sama-sama berusaha untuk memindahkan atau mentransfer ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada siswanya, agar siswa lebih banyak memahami serta mengetahui ilmu pengetahuan yang lebih luas. Peran guru sebagai pembimbing adalah menanamkan nilai-nilai agama Islam kepada anak didiknya agar mereka bisa mengaitkan antara ajaran agama dan ilmu pengetahuan. Selain itu, guru sebagai teladan adalah menjadi contoh yang baik terutama mendidik murid atau siswa itu tidak bisa dengan hanya memberikan instruksi saja, kita harus benar-benar memberikan teladan.
Sedangkan faktor pendukung peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 10 Kota Metro adalah kesadaran diri dan dukungan orang tua dirumah dan faktor penghambat peran guru Pendidikan Agama vii Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 10 Kota Metro adalah lingkungan sosial dan teman (pergaulan)
Kata Kunci : Pembinaan akhlak, Peran Guru Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:43 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9337 |
Actions (login required)
View Item |