Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Istiqoh Raman Utara Lampung Timur

Andesti, Fani (2024) Implementasi Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Istiqoh Raman Utara Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Fani Andesti - 1901041005 - PIAUD.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Sosial emosional anak usia dini merupakan proses belajar anak bagaimana berhubungan dengan orang lain sesuai dengan aturan sosial yang ada dan anak lebih mampu mengendalikan perasaannya. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan agar perkembangan sosial emosional pada RA Istiqoh Raman Utara Lampung Timur yaitu implementasi metode bercerita. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui implementasi metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional di RA Istiqoh Raman Utara Lampung Timur tahun pelajaran 2023/2024.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif lapangan, yang menjelaskan mengenai penerapan metode bercerita untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional di RA Istiqoh Raman Utara Lampung Timur tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita menggunakan buku cerita yang dilakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu, dengan indikator anak dapat mencapai perkembangan sosial emosional diantaranya anak dapat mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar), memahami peraturan dan disiplin, mampu bersikap kooperatif, bersikap toleran, mengekspresikan emosi, mengenal tata krama dan sopan santun. Adapun kesulitan dalam penerapan digolongkan kepada kekurangan dalam penggunaan metode bercerita yaitu ketika guru bercerita anak menjadi pasif dan cepat merasa bosan dikarenakan anak hanya menjadi pendengar saat guru bercerita didepan. Selain itu media yang digunakan tidak variatif hanya menggunakan media buku cerita.

Kata Kunci : Metode Bercerita, Perkembangan Sosial Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:29
Last Modified: 06 Mar 2024 04:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9340

Actions (login required)

View Item View Item