Ardana, Abeliza Galuh Tegar Ayu (2024) Pengembangan Media Kartu Domino Pada Materi Berhitung Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Abeliza Galuh Tegar Ayu Ardana - 2001040001 - PIAUD.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Pengembangan media kartu domino di TK Negeri Pembina Metro Timur dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mampu menyebutkan bilangan 1-10. Hal tersebut dibuktikan di Kelompok A dimana terlihat ketika anak menyebutkan angka 1-10 secara bersama-sama anak berteriak kencang dalam menyebutkan bilangan tersebut akan tetapi apabila ditunjuk satu per satu, terdapat 2 peserta didik yang tidak bisa mengucapkan bilangan 1-10 secara berurutan. Masalah lain yang ditemukan yaitu ada 4 anak dengan kemampuan berhitung yang rendah. Selain itu, guru dalam menyampaikan pelajaran dilakukan dengan menuliskan bilangan lebih dahulu tanpa mengenalkan simbol-simbol. Ada beberapa masalah yang ditemukan peneliti saat di kelas yang menyatakan bahwa beberapa anak hanya dapat mengucapkan angka 1-10, tetapi anak mengalami kesulitan ketika diminta untuk mencocokan lambang bilangan dengan bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis kartu domino, menganalisis kelayakan media kartu domino untuk kemampuan berhitung anak usia dini, dan menganalisis efektivitas penggunaan media permainan kartu domino dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kelayakan media kartu domino oleh para ahli media dan para ahli materi, serta menganalisis respon guru dan uji coba terhadap peserta didik.
Hasil penelitian dari validasi ahli media dilakukan sebanyak 2 kali dengan responden 1 orang mendapatkan presentase akhir sebesar 98,33% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli materi dilakukan sebanyak 1 kali dengan responden 1 orang mendapatkan presentase akhir sebesar 96,87% dengan kategori “sangat kayak”, dan uji coba validasi guru dilakukan sebanyak 1 kali dengan responden berjumlah 1 orang mendapatkan sebesar 86,00% dengan kategori “sangat layak”. Uji coba terhadap peserta didik sebanyak 2 kali dengan responden 15 peserta didik, uji coba tahap 1 dengan total keseluruhan 341 dan total sebesar 81,19%, dan uji coba tahap 2 dengan total keseluruhan 393 dan total sebesar 93,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya media kartu domino yang sudah dikembangkan oleh peneliti “sangat layak” digunakan dalam pengembangan kemampuan berhitung kepada anak usia dini.
Kata Kunci: Perkembangan Kognitif, Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran Kartu Domino
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:45 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9347 |
Actions (login required)
View Item |