Ramadania, Tasya (2024) Peran Guru Pai Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaranpada Siswa di SD Negeri 8 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
TASYA RAMADANIA.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Peran guru sangatlah penting di dunia pendidikan khususnya adalah saat kegiatan belajar mengajar, karena pada dasarnya peserta didik memerlukan peran seorang guru untuk membantunya dalam proses pengembangan diri, mengoptimalkan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Kompetensi yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar adalah menggunakan media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran yang tepat akan membuat siswa tertarik dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan pada proses pembelajaran. Salah satu media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah Media audio visual. Media ini merupakan gabungan dari audio dan visual yang artinya dapat dilihat dan didengar sehingga media ini dapat digunakan sebagai alat bantu atau bahan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini Peserta didik di Kelas III berada dalam tahap peralihan tahap konkret ke tahap operasional formal, yang mana peserta didik telah mampu berfikir secara logis, kritis serta dapat menelaah suatu masalah secara mendalam. Sehingga, penggunaan media audiovisual dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas III dapat menyampaikan materi dengan jelas serta membantu dalam memahami materi dengan penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga memperoleh sebuah pengetahuan, keterampilan bahkan sikap.
Berdasarkan permasalahan diatas, pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran pada siswa di SD Negeri 8 Metro Timur. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran pada siswa di SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, guru wali kelas, Kepala Sekolah dan siswa kelas III A. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles & Huberman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Melalui pelaksanaan peran guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran pada siswa di SD Negeri 8 Metro Timur dapat disimpulkan bahwa peran guru PAI dalam pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual sudah terlaksana. Guru telah mennjalankan perannya sebagai mediator dan juga fasilitator didalam kelas. Guru dapat menyesuaikan media apa yang sesuai digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dan juga guru mampu menggunakan media tersebut untuk menunjang proses pembelajaran. Pengajaran audio visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses belajar, seperti mesin proyektor, film bersuara, gambar hidup dan televise.
Kata Kunci: Peran Guru, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 04:26 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 04:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9357 |
Actions (login required)
View Item |