Wahyuni, Puji Nur (2024) Pengembangan Lembar Kerja Perserta Didik (LKPD) dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi Puji Nur Wahyuni 1901062008 ok - Puji Nurwahyuni.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya bahan ajar lain yang digunakan disekolah, seperti halnya penggunaan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berupa LKPD berbasis Problem
Based Learning pada materi aljabar dan mengetahui kevalidan dan respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Borg and Gall. Model ini memiliki sepuluh tahapan, tetapi peneliti hanya menggunakan tujuh tahap saja. Tujuh tahapan ini diataranya yaitu potensi dan
masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII-4 yang berjumlah 28 anak. Hasil dari penelitian ini diperoleh persentasi nilai rata-rata ahli materi dan ahli media sebesar 87,5% dan 90% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil respon peserta didik memiliki persentase nilai rata-rata 85,80%
dengan kriteria “sangat praktis”. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PBL memenuhi kriteria “sangat valid” dan “sangat praktis” sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:35 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:35 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9361 |
Actions (login required)
View Item |