Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Peserta Didik SMA Kesuma Bhakti Bekri Lampung Tangah

Pertiwi, Yunita Dwi (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Peserta Didik SMA Kesuma Bhakti Bekri Lampung Tangah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI YUNITA DWI PERTIWI - 1901010077- PAI.PDF - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah yaitu kurangnya pemahaman peserta didik akan tindakan yang bisa mengarah ke bibit-bibit radikalisme, tanpa disadari tindakan radikalisme mucul dari kebiasaan–kebiasaan yang kurang baik. Radikalisme merupakan yang harus segera diatasi dan dihindarkan dari peserta didik karena bertentangan dengan agama Islam yang rahmatan lil ‘alamin serta tidak sesuai dengan tujuan diselenggarakannya pendidikan Islam itu sendiri. Radikalisme menginginkan adanya perubahan total dari segi sosial, agama maupun politik. Tindakannya yang ekstrim, dan pemikiran yang dangkal mereka tidak memikirkan adanya dampak dari perbuatannya. Radikalisme juga tidak menerima adanya perbedaan, mereka merasa ajarannya lah yang paling benar di antara yang lain dan menganggap musuh yang berbeda dengan keyakinannya. Guru PAI merupakan salah satu pihak yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menghindarkan peserta didik dari tepaparnya akan radikalisme tersebut.

Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah radikalisme peserta didik SMA Kesuma Bhakti”? Fokus tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah radikalisme SMA Kesuma Bhakti.

Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan yang pertama yaitu data reduction selanjutnya display data dan yang terakhir verifikasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan pendekatan dekdutif.

Bedasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan dari wawancara bahwa dalam mencegah radikalisme guru PAI melakukan beberapa upaya yakni dengan 1) Mengoreksi ulang buku ataupun referensi yang akan digunakan untuk bahan ajar, karena radikalisme telah merambah kedunia pendidkan salah satunya dengan lewat buku atapun referensi ajar sekolah. 2) Memberikan pengetahuan Islam yang memadai dan sesuai dengan ajaran yang di bawa nabi Muhammad Saw 3) Menanamkan nilai-nilai toleransi dan 4) Memberikan penjelasan tentang arti jihad agama yang benar sesuai dari pedoman Al-Quran dan AI-Hadis.

Kata kunci: Upaya Guru dan Mencegah Radikalisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:23
Last Modified: 26 Mar 2024 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item View Item