Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengembangan Media Pembelajaran Katamatika Berbasis Kontekstual pada Siswa SMA

Ariyanti, Dita Putri (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Katamatika Berbasis Kontekstual pada Siswa SMA. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI DITA PUTRI ARIYANTI (2001060007) FIKS-1 - Dita Putri.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan bahan ajar yang digunakan di sekolah, bahan ajar yang kurang menarik sehingga peserta didik merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video kartun animasi matematika berbasis kontekstual dengan menggunakan aplikasi Powtoon pada materi sistem persamaan linear tiga variabel dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap hasil pengembangan video kartun animasi matematika berbasis kontekstual pada sistem persamaan linear.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Penelitian ini menghasilkan produk berupa video kartun animasi matematika berbasis kontekstual pada siswa SMA. Prosedur pengembangan yang digunakan mengarah pada model Borg and Gall yang melalui beberapa tahapan antara lain: Potensi dan masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, dan Revisi Produk. Pada tahap uji coba produk dilakukan uji coba terbatas dengan melibatkan 30 peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Metro. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket respon pendidik.

Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan penilaian dari validasi ahli media memperoleh rata-rata hasil hasil validasi sebesar 90% dengan kriteria validasi yaitu “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil dari validasi materi memperoleh rata-rata hasil validasi sebesar 83% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil analisis dari angket respon peserta didik pada tahap uji coba memperoleh rata-rata persentase sebesar 74% dengn kriteria “Menarik”. Dapat disimpulkan bahwa video kartun animasi matematika memenuhi kriteria layak dan menarik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:26
Last Modified: 26 Mar 2024 07:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9382

Actions (login required)

View Item View Item