Aprilita, Ardela (2024) Peran Guru TPQ dalam Menerapkan Metode an-Nahdliyah di TPQ an-Nahdliyah al-Barokah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI ARDELA APRILITA - Ardela Aprilita.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu pendidikan non formal yang akan membantu anak bisa lebih mendalami tentang ajaran Agama terutama mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an. Melalui TPQ seorang anak dapat dididik dengan tenaga pendidik yang pada umumnya disebut Guru (Ustadz dan Ustadzah), dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an Guru juga memerlukan sebuah metode untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an. Salah satu metode yang telah berkembang digunakan saat ini, yaitu metode An Nahdliyhah.
Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru TPQ dalam menerapkan metode An-Nahdliyah di TPQ An-Nahdliyah Al-Barokah Metro dan apa hambatan guru TPQ dalam menerapkan metode An Nahdliyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran guru serta apa hambatan guru TPQ menerapkan metode An-Nahdliyah di TPQ An-Nahdliyah Al-Barokah Metro. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana “Peran Guru TPQ dalam menerapkan metode AnNahdliyah di TPQ An-Nahdliyah Al-Barokah Metro”, sehingga penelitian ini bersifat Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru TPQ, Kepala TPQ dan santri TPQ Al-Barokah. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama dengan data reduction, data display, dan terakhir adalah Conclution drawing/ verification.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran guru TPQ dalam menerapkan metode an-nahdliyah tergolong sudah baik. Hal ini ditunjukkan berdasarkan guru berperan: 1. Mendidik santri/anak dalam proses pembeljaran, 2.Mengeola kelas agar materi yang disampaikan cepat dipahami, 3.Memberikan pengajaran dan praktek pelafalan huruf, makhraj huruf dan cara membacanya, 4.Memilih alat dan media sebagai komunikasi saat pembelajaran, 5.Membimbing dan membina kesalahan bacaan santri. Faktor penghambat peran Guru TPQ dalam menerpkan
metode An-Nahdliyah Al-Barokah Metro yaitu : Peserta didik yang malas belajar Al-Qur’an. Dari pengajar (Guru TPQ) yang belum maksimal dalam menerapkan metode tersebut. Kurang tertibnya kedisiplinan guru dan santrinya dalam masuk untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Serta lingkungan keluarga juga
merupakan faktor penghambat dalam belajar membaca Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:27 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9387 |
Actions (login required)
View Item |