Hakim, Arief Rahman (2024) Dampak Bermain Game Online terhadap Ahlak Siswa Kelas V di SDN 1 Siswo Bangun kec. Seputih Banyak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
1901011027 ARIEF RAHMAN HAKIM.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Perilaku siswa kelas V di SDN 1 Siswo Bangun yang bermain game online cenderung sering berkata kasar, bahkan saat berbicara kepada yang lebih tua pun siswa tidak segan untuk mengeluarkan kata kasar. Selain itu siswa yang bermain game online sering menimbulkan keributan saat sedang bermain bersama teman-temannya. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah “Bagaimana dampak bermain game online terhadap ahlak siswa kelas V di SDN 1 Siswo Bangun Kec. Seputih Banyak”?
Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui Bagaimana dampak bermain game online terhadap ahlak siswa kelas V di SDN 1 Siswo Bangun Kec. Seputih Banyak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam penelitian ini peneliti akan menggambarkan dampak game online yang dialami siswa. Sedangkan sifat penelitiannya deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah di SDN 1 Siswo Bangun Kec. Seputih Banyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif yang dialami siswa yaitu, dampak positif nya adalah bertambah nya relasi pertemanan siswa, hal tersebut terjadi karena siswa selalu memanfaatkan atau memakai fitur yang di sediakan di dalam game online free fire ini yaitu fitu mic dan pesan chat. Dan Meningkatnya kemampuan bekerjasama siswa terjadi karena strategi yang dipakai siswa saat bermain game online free fire. Sedangkan dampak negatif yang dialamai siswa adalah siswa cenderung berbicara kasar dan kotor hal ini terjadi karena siswa saat bermain game online mengalami kekalahan saat bermain game dan apabila ada teman satu timnya yang kurang mahir dalam bermain game online free fire. Terbengkalainya kegiatan di dunia nyata siswa hal ini terjadi saat siwa diperintah untuk sholat oleh orang tuanya rata-rata siswa yang bermain game online free fire lebih memilih untuk menylesaikan game nya terlebih dahulu daripada sholat. dan Perubahan pola istirahat dan makan, hal ini dapat dilihat dari waktu yang digunakan siswa saat bermain game online, siswa lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain game online sampai lupa waktunya makan dan tidur.
Kata Kunci : Game Online, Dampak positif dan Negatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:25 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9388 |
Actions (login required)
View Item |