Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Islami Pada Siswa di SMP Negeri 2 Batanghari

Hariyadi, Sigit (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Islami Pada Siswa di SMP Negeri 2 Batanghari. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.

[img] PDF
SIGIT HARIYADI_1801011129_PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Peran Guru Pendidikan Agama Islam adalah seseorang yang mempunyai fungsi ataupun peran merubah tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuan sesuai ajaran Agama Islam melalui proses. Peran guru tersebut membentuk tingkah laku peserta didik yang semula melenceng menjadi baik dan yang baik menjadi lebih baik sesuai karakter yang seharusnya ada pada diri peserta didik. Dengan demikian Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai tugas ganda selain mentransfer ajaran Agama Islam juga mempunyai tanggung jawab dalam membentuk tingkah laku peserta didik sesuai karakter budaya bangsa.

Berdasarkan permasalahan di atas, pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami pada siswa di SMP Negeri 2 Batanghari, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami pada siswa di SMP Negeri 2 Batanghari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research) dan bersifat dekskriptif. Dalam penelitian ini, Guru Pendidikan Agama Islam sebagai sumber data primer, serta siswa sebagai sumber data sekunder/pelengkap. Untuk mengumpulkan data-data terkait penelitian, penelitian ini menggunakan alat pengumpul data wawancara, observasi dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami pada siswa di SMP Negeri 2 Batanghari dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: 1). Peran Guru PAI sebagai pengajar dalam meningkatkan perilaku islami siswa, seperti: memberikan contoh cara berperilaku baik pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengajarkan disiplin, memperbaiki kepribadian siswa. 2). Peran Guru PAI sebagai pembimbing dalam meningkatkan perilaku islami siswa, seperti: memberikan contoh dan solusi bagaimana bersikap yang sabar dan ikhlas, melakukan pembinaan, pendampingan dan evaluasi mengenai perilaku siswa secara rutin. 3). Peran Guru PAI sebagai pemimpin dalam meningkatkan perilaku islami siswa, seperti: adanya program 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun) menjadi pedoman siswa dalam berperilaku. 4). Peran Guru PAI sebagai teladan dalam meningkatkan perilaku islami siswa, seperti: adanya penyambutan siswa yang dilakukan oleh guru pagi hari di depan gerbang merupakan sikap santun saat bertemu dengan guru atau orang lain. 5). Peran Guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan perilaku islami siswa, yaitu: memberikan cerminan berupa ceramah, nasehat-nasehat dan diberikan contoh pembiasaan yang positif, memberikan motivasi belajar, menghargai orang lain, dan bertutur kata yang sopan.

Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:43
Last Modified: 04 Mar 2024 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9394

Actions (login required)

View Item View Item