Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Model PAIKEM Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Ma`arif 02 Kotagajah

Ma`rifah, Hidayatul (2024) Implementasi Model PAIKEM Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Ma`arif 02 Kotagajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Hidayatul Ma'rifah 1901010031 - Hidayatul Ma'rifah.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran ialah suatu upaya yang dilakukan oleh seorang guru atau pendidik untuk membelajarkan siswa yang belajar. Kata pembelajaran juga dapat diartikan sebagai suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Selain didukung oleh faktorkinerja guru, faktor lain yaitu sarana dan prasarana maupun lingkungan. Tetapi dari faktor faktor tersebut yang paling penting adalah bagaimana siswa mampu dalam menerima dan menguasai fiqih. Melihatsiswa yang masih kurang semangat dalam pembelajaran fiqih hal tersebut dibuktikan dengan sikap siswa yang telat datang ke sekolah, ribut didalam kelas, dan masih banyak juga yang tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung menjadi alasan diterapkannya model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih.

Berdasarkan permasalahan diatas, pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana implementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih dan apa saja kendala-kendala implementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma`arif 02 Kotagajah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih dan kendala-kendala implementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma`arif 02 Kotagajah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu Guru Fiqih, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalahimplementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma`arif 02 Kotagajah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data Miles &Huberman. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

Melalui pelaksanaan model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih dapat disimpulkan bahwa implementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma`arif 02 Kotagajah sudah sepenuhnya sesuai dengan langkah-langkah model PAIKEM. Hal ini dapat dilihat dari tahap perencanaan yang meliputi: pembuatan silabus, program tahunan, program semester, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, serta disediakan fasilitas pembelajaran. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh guru fiqih sudah sesuai dengan prinsip pelaksanaan Model PAIKEM dengan langkah-langkah: pemberian motivasi, pesan yang positif dan pembagian kelompok. Kendala-kendala implementasi model PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma`arif 02 Kotagajah adalah karakter siswa yang berbeda-beda, kurangnya sarana dan kuota internet siswa.

Kata Kunci: Model PAIKEM, Mata Pelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:25
Last Modified: 06 Mar 2024 03:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9408

Actions (login required)

View Item View Item