Hasanah, Eva Rahmawatul (2024) Efektivitas Teknik Self-Management Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Quran Siswa Di MTs Muhammadiyah I Way Bungur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Eva Rahmawatul Hasanah - 1904031005 - BPI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang kurang memiliki minat membaca Al-Quran sehingga membuat siswa merasa malas dan memilih bolos ketika belajar membaca Al-Quran. Kurangnya perhatian dan dorongan dari orang tua, sulitnya siswa membagi waktu antara belajar dan bermain, kurangnya keinginan siswa untuk bisa membaca Al-Quran karena kurang paham dengan keutamaan dan manfaat membaca Al-Quran juga termasuk penyebab minat siswa untuk membaca Al-Quran menurun. Peneliti tertarik untuk membantu siswa meningkatkan minat membaca Al-Quran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum kondisi awal (sebelum diberikan perlakuan) minat membaca Al-Quran siswa serta peningkatan minat membaca Al-Quran siswa sesudah (post-test) diberikan perlakuan dengan teknik self management. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur yang berjumlah 26 siswa. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII yang sudah mengaji pada tingkat membaca Al-Quran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design dengan metode One Group Pretest And Posttest Design. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket (pre-test dan Post-test) dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis uji normalitas dan uji paired sample t test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi awal minat membaca Al Quran siswa MTs Muhammadiyah I Way Bungur masih rendah diperoleh hasil rata-rata 49.30 dengan kelas interval 6 siswa kategori “Tinggi”, 6 siswa kategori “Sedang” dan 8 siswa kategori “Rendah”. Setelah diberikan perlakuan dengan teknik self management diperoleh hasil rata-rata sebesar 54.80 dengan kelas interval 12 siswa kategori “Tinggi”, 4 siswa kategori “Sedang” dan 4 siswa kategori “Rendah”. Dari hasil uji normalitas menunjukkan signifikansi 0,058 > 0,05 dan hasil uji paired sampel t test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa teknik self-management efektiv dalam meningkatkan minat membaca Al-Quran siswa di MTs Muhammadiyah 1 Way Bungur.
Kata Kunci : Self-management, Minat membaca Al-Quran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Penyuluhan Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 02:19 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 02:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9415 |
Actions (login required)
View Item |