Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 2 Terbanggi Subing

Putri, Rizka Anisa (2024) Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 2 Terbanggi Subing. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RIZKA ANISA PUTRI - 2001030027 - PGMI.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SDN 2 Terbanggi Subing khususnya pada kelas IV. Berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian pra-survey yang didapat bahwa proses pembelajaran konvensional yang hanya berpusat kepada guru (teacher center), respon siswa selama pembelajaran rendah, siswa bersifat pasif selama pembelajaran, siswa kurang berinterksi, saat diberikan materi pembelajaran untuk keesokan hari mereka sudah lupa, pembelajaran hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Hal tersebut menyebabkan rendahnya keaktifan belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model team game tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 2 Terbanggi Subing. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain two groub pretes posttes design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi

Hasil analisis di SDN 2 Terbanggin Subing diperoleh dari uji hipotesis menggunakan SPSS 16.0, menunjukan nilai Signifikansi < 0.005, nilai yang diberoleh 0.000 < 0.005, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian perhitungan uji n-gain kelas kontrol sebesar 0.06 berada pada ketegori rendah, sedangkan uji n gain kelas eksperimen sebesar 0,34 berada pada kategori sedang. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model team game tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar IPAS kelas IV SDN 2 Terbanggi Subing.

Kata Kunci: Model Team Game Tournaent, Keaktifan Bealajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:16
Last Modified: 25 Mar 2024 02:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9421

Actions (login required)

View Item View Item