Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur)

Ningsih, Puput Setia (2024) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Puput Setia Ningsih - 1903011098 - ESy.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Persaingan toko ritel bahan bangunan semakin berkembang. Di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten lampung Timur banyak berdiri toko ritel bahan bangunan yang bersaing untuk menarik minat dan hati konsumen untuk membeli dan berlangganan. Salah satunya adalah toko bangunan Sidodadi Keramik. Pemahaman masyarakat terhadap informasi mengenai harga barang-barang dinilai masih kurang sehingga hanya terpaku pada satu toko saja. Melihat dari segi harga Toko Bangunan Sidodadi Keramik memiliki harga yang bervariatif, dalam beberapa barang cenderung sedikit lebih mahal. Adanya fenomena tersebut membuat peneliti ingin meneliti dan mencari tahu mengennai faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam meningkatkan kepusan pelanggan di Toko Bangunan Sidodadi Keramik. Adapun pertanyaan peneltian yaitu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Toko Bangunan Sidodadi Keramik..

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara secara bebas terpimpin dengan pemilik toko, karyawan dan konsumen.Selain itu digunakan juga metode dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan dan kemudian semua data yang diperoleh dianalis dengan deskirptif kualitatif yang menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Sidodadi Keramik adalah kelengkapan produk yang dimiliki oleh Toko Bangunan Sidodadi Keramik yang bervariatif. Kedua, pelayanan. Ketiga, penempatan di area pasar. keempat, promosi Kelima, penerapan teknologi. Begitu juga dalam dunia bisnis tidak lepas dari Etika Bisnis, di Toko Bangunan Sidodadi Keramik yang di tewrapkan adalah pertama,shiddiq(jujur). Kedua, Amanah. Ketiga, Adil. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Sidodadi Keramik. dalam beberapa faktor telah sejalan dengan teori tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dan Etika Bisnis Islam. Namun, dari hasil penelitian terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Sidodadi Keramik yaitu faktor kelengkapan produk dan penerapan teknologi. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk kemudian loyal terhadap Toko Bangunan Sidodadi Keramik dengan dilihat dari pembelian konsumen yang dilakukan secara berulang-ulang, kebiasaan konsumen untuk membeli bahan bangunan di Toko Bangunan Sidodadi Keramik, dan tetap memilih Toko Bangunan Sidodadi Keramik sebagai tempat mencari keperluan bahan bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:18
Last Modified: 25 Mar 2024 02:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9428

Actions (login required)

View Item View Item