Yudhana, Bigas (2024) Upaya Ustadz Dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Santri Di Madrasah Diniyah Al-Jami’ Desa Balekencono Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Bigas Yudhana - 1901011036 - PAI.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah kalam Allah, ditulis menggunakan bahasa arab menghasilkan susunan yang disnigtif terlebih-lebih dari susunan bahasanya yang unik dan makna yang mendalam, Al-Qur’an adalah kitab terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya, oleh karena itu setiap umat islam harus mempelajari Al-Qur’an.
Upaya ustadz dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an disini adalah mengajak anak-anak berangkat ke madrasah diniyah untuk mempelajari Al-Qur’an, memberikan motivasi, dan mengingatkan mereka akan pentingnya belajar membaca Al-Qur’an sebagai bekal dimasa depan kelak. Tujuan Penelitian yaitu agar data dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan sedangkan hasil dari penelitian akan memperoleh suatu pengetahuan baru sehingga dapat digunakan untuk memahami, memecahan dan mengantisipasi masalah.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang secara umum dimengerti salah satu kegiatan ilmiah yang dilakukan secara bertahap dimulai dengan penentuan topik, pengumpulan data dan menganalisis data, sehingga nantinya diperoleh suatu pemahaman dan pengertian atas topik, gejala atau isu tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitan, Hasil yang diperoleh yaitu, santri ketika pembelajaran Al-Qur’an yaitu santri mampu memberikan tanggapan yang baik ketika ustadz sedang melakukan metode sorogan, seain itu santri mampu menirukan setiap apa yang diajarkan ustadz seperti giliran dalam membaca Al-Qur’an. Adapun yang bisa dilakukan ustadz dalam meningkatkan minat belajar membaca Al-Qur’an dengan membiasakan kegiatan membaca Al-Qur’an bersama-sama setelah shalat maghrib, dilanjutkan dengan mengaplikasikan hukum-hukum tajwid di malam hari setelah kegiatan mengaji nahwu selesai dan pembelajaran tartil dan qiro’ah satu minggu sekali. Kegiatan itu semua bertujuan agar dapat menunjang santri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Kata kunci: Upaya, Peningkatan, Minat Belajar Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 02:18 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 02:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9430 |
Actions (login required)
View Item |