Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru TPA Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Santri Di Pondok Pesantren Nahdlatul Tholibiln Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur

Utami, Nora Colis (2024) Peran Guru TPA Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Santri Di Pondok Pesantren Nahdlatul Tholibiln Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NORA COLIS UTAMI - 1701010063 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an tidak selalu lancar seperti yang diharapkan, terkadang santri mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi santri dalam membaca Al-Qur’an seperti hukum tajwid dan makhorijul huruf.

Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana Peran guru TPA dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nahdlatul Tholibin Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru TPA sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Quran santri di Pondok Pesantren Nahdlatul Tholibin Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Jenis penelitian adalah kualitatif. Sumber datanya yaitu guru TPA dan Santri. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa peran guru TPA yaitu membimbing santri pada hukum tajwid dan makhorijul huruf santri. Melatih santri dalam membaca Al-Quran dengan Cara mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an atau tadarus 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Mengarahkan bacaan sesuai dengan pernafasan yang dimiliki santri agar saat membaca Al-Quran tidak tersenggal-senggal serta memberikan nasehat atau motivasi yang sifatnya membangun dan membuat kegiatan diluar jam pembelajaran setiap hari sabtu setelah pulang dari mengaji. Metode yang di gunakan oleh guru TPA yaitu Metode Iqra . Peran guru TPA dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Nahdlatul Tholibin juga sudah terlaksana dengan baik.

Kata Kunci : Peran Guru TPA, Kesulitan Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:15
Last Modified: 25 Mar 2024 02:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9441

Actions (login required)

View Item View Item