Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Al-Hidayah Desa Negara Batin

Safitri, Eva Linda (2024) Peran Ustadz Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Al-Hidayah Desa Negara Batin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI Eva Linda Safitri - 190101060 - PAI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Islam memandang ustadz sebagai sosok yang mempunyai peran penting dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur‟an. Pembelajaran Al-Qur‟an yang mendasar yang dilakuhkan antara ustadz dan santri adalah kegiatan membaca Al-Qur‟an. Membaca Al-Qur‟an adalah modal utama dan dinilai urgent dalam pembelajaran Al-Qur‟an, baik untuk keidupan manusia didunia dan diakhirat. Namun dilihat dari kenyataannya, terdapat santri yang belum maksimal kemampuan membaca Al-Qur‟annya. Santri belum sepenuhnya bisa dalam pembelajaran Al-Qur‟an dikarenakan kondisi yang kurang kondusif di TPA sebab santri asyik mengobrol bersama teman. Sedangkan problematika ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an pada santri yaitu kurangnya rasa kepercayaan diri pada ustadz dalam mempraktekkan pembelajaran Al-Qur‟an, serta kurangnya kuantitas tenaga pendidik.

Berdasarkan permasalahan diatas, pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hidayah Desa Negara Batin 1, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitin ini ustadz dan santri sebagai sumber data primer, serta kepala TPA sebagai sumber data sekunder/pelengkap. Untuk mengumpulkan data-data terkait penelitian, penelitian ini menggunakan alat pengumpul data wawancara, observasi dan dokumentasi.

Melalui pelaksanaan peran Ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di TPA Al-hidayah dapat disimpulkan bahwa peran ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an tergolong sudah baik. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peran Ustadz disini peneliti membatasi peran ustadz karena jika Pembina itu sama saja halnya dengan pembimbing dan sedangkan penasehat juga sama seperti ustadz sebagai pengajar.:1). Sebagai pengajar, ustadz membantu santri untuk belajar membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar. 2). Sebagai pendidik, ustadz mencontohkan bagaimana adab membaca Al-Qur‟an dengan benar dan bagaimana cara agar meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an. 3). Sebagai pembimbing, ustadz disini membimbing melafalkan alif, kha, kho, dzo dan ain sesuai dengan makhrajnya dan membimbing bacaan yang mengandung hukum tajwid ikhfa‟ dan idzhar. Kemampuan membaca Al-Qur‟an santri TPA Al-Hidayah: 1). Kelancaran membaca Al-Qur‟an santri yang tegolong sudah baik, 2). Ketepatan sesuai kaidah tajwid, 3). Kesesuaian membaca dengan makhrajnya.

Kata Kunci: Peran Ustadz, Kemampuan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:24
Last Modified: 25 Mar 2024 01:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9444

Actions (login required)

View Item View Item