Agustin, Sukma Mega (2024) Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI SUKMA MEGA AGUSTIN MUNAQ REVISI - Sukma Mega Agustin.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya adalah upaya dan proses yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan melalui proses pelatihan dan cara mendidik. Dalam proses kegiatan belajar yang dilakukan siswa, tidaklah selalu lancar dan sesuai seperti yang diharapkan. Terkadang muncul beberapa permasalahan salah satunya adalah siswa mengalami kesulitan atau hambatan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Berbagai bentuk kesulitan belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI antara lain: lamban dalam memahami materi pelajaran, lamban dalam menghafal dan mengingat materi, ketidakmampuan dalam membaca dan menulis al-qur’an hadis, serta motivasi belajar siswa yanng rendah. Bentuk kesulitan tersebut mengarah kepada kesulitan belajar jenis slow learner. Yaitu kondisi belajar siswa yang lebih lamban dari kemampuan siswa rata-rata. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terkait bagaimana peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rumbia Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI yang mengajar di kelas VIII sebagai sumber data primer sedangkan sumber data sekunder adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti pada peneltian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis daya pada penelitin dilakukan dengan
proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII telah dilakukan, namun masih perlu di evaluasi kembali untuk dilakukan perbaikan. Pasalnya guru belum memberikan perlakuan khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Adapun faktor pendukung dan penghambat peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah adanya fasilitas pemberdayaan bagi guru, program sekolah kelas unggulan dan reguler, serta pengadaan fasilitas sarana dan prasarana yang cukup. Selanjutnya faktor penghambat meliputi kurangnya kerjasama antara guru dan orangtua, rendahnya motivasi belajar siswa, serta fasilitas media pembelajaran berbasis audiovisual yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 01:30 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 01:30 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9446 |
Actions (login required)
View Item |