Nisa, Yuliana (2024) Strategi Komunikasi Dakwah Pada Channel Podcast Rintik Sedu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
kpi_Yuliana Nisa_19004011035_.pdf - Other Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu ketertarikan peneliti dengan Strategi Komunikasi Dakwah yang dilakukan oleh Rintik Sedu di Channel Podcast Rintik Sedu pada platform Spotify. Channel podcast Rintik Sedu memiliki lebih dari 3 juta pendengar dan sebanyak 382 judul podcast yang sudah diupload. Konten podcast yang menggunakan tema “kehidupan Gen Z dan milenial”. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Komunikasi Dakwah Dalam Podcast Rintik Sedu?”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Strategi Dakwah Dalam Podcast Rintik Sedu.
Jenis penelitian ini adalah Library research, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu Teknik Observasi dan Dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis isi (Content Analysis), Analisis data berhubungan dengan data yang sudah terkumpul disajikan secara deskriptif interpretative yaitu dengan memberikan penafsiran melalui ulasan- ulasan secukup mungkin terhadap data-data yang disajikan.
Hasil penelitian ini yaitu ada beberapa strategi yangg digunakan oleh Rintik Sedu yaitu: 1). Berdakwah menggunakan media 2). Penyesuaian materi 3).
Berdakwah menggunakan perkataan yang benar 4). Berdakwah dengan ucapan yang lugas, efektif dan jelas 5). Berdakwah dengan perkataanyang baik, santun dan tidak kasar 6). Berdakwah dengan ucapan lemah lembut menyentuh hati 7). Berdakwah dengan menggunakan judul yang menarik 8). Berdakwah secara tidak langsung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 26 Mar 2024 07:08 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 07:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9457 |
Actions (login required)
View Item |