Anggraeni, Tasya Bella (2024) Upaya Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Pendidikan Lingkungan Di MTs Madinah Karya Tani Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
TESIS TASYA BELLA ANGGRAENI - 2271010077 - PAI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan lingkungan adalah proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran individu tentang lingkungan hidup serta mengembangkan sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga kelestariannya. Pendidikan lingkungan penting diterapkan disekolah guna mempengaruhi sikap siswa terhadap lingkungan hidup serta mempengaruhi perkembangan iman anak berdasarkan nilai-nilai Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembinaan pendidikan lingkungan siswa disekolah?. 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung upaya guru akidah akhlak dalam pembinaan kendidikan lingkungan di sekolah?. 3) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam pembinaan kepedulian lingkungan disekolah?
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek upaya guru akidah akhlak dalam membina pendidikan lingkungan pada siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dalam upaya guru akidah akhlak membina pendidikan lingkungan siswa adalah memberikan nasihat dan teguran yang dilakukan baik didalam kelas ataupun diluar kelas. Dalam mendukung program kepedulian lingkungan, sekolah memberikan denda setiap siswa yang tidak melaksanakan kegiatan.
Kata kunci: Upaya guru, Pendidikan lingkungan, Akhlak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 08:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 08:24 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9473 |
Actions (login required)
View Item |