Safitri, Hani (2024) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kelas IV MI Daarul Maarif. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI HANI SAFITRI - 2001031016 - PGMI.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di MI Daarul Maarif khususnya pada kelas IV. Berdasarkan permasalahan dari hasil penelitian pra-survey yang didapat yaitu siswa belum bisa memahami materi pelajaran dengan baik, siswa masih kurang aktif dalam menjawab soal-soal yang diberikan guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam kelompok, kurangnya konsentrasi siswa selama proses pembelajaran, Kemudian Model pembelajaran yang kurang inovatif. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kurang semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran Matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa di MI Daarul Maarif pada mata pelajaran Matematika.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan yang terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu data tes hasil pemahaman dari proses belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dianalisis dengan cara membandingkan skor tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV C pada mata pelajaran Matematika khususnya pada materi Pengukuran Luas dan Volume di MI Daarul Maarif Tahun Ajaran 2023/2024, hal ini dapat diketahui bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan pada siklus I sampai siklus II, dengan nilai rata-rata tes pemahaman siswa pada siklus I sebesar 66,4 serta pada akhir siklus II sebesar 77,8 dengan presentase peningkatan sebesar 11,4%, dan presentase tingkat ketuntasan pemahaman siswa siklus I sebesar 25% dan pada siklus II yaitu sebesar 80%. Dari hasil pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV MI Daarul Maarif Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Numbered Head together (NHT), Pemahaman Konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 08:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 08:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9474 |
Actions (login required)
View Item |