Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Kemampuan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Asih, RR Indah Setia (2023) Analisis Kemampuan Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RR Indah Setia Asih - 1901061031 - TMTK.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar berdasarkan tingkatan taksonomi bloom level menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Metro. Kemampuan belajar siswa adalah pengukuran dan penilaian hasil belajar yang telah dilakukan oleh siswa melakukan proses pembelajaran yang kemudian dibuktikan dengan suatu tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang. Subjek yang dipilih pada penelitian ini berjumlah 3 siswa, teknik pemilihannya menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari 1 siswa dari kelompok siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa dari kelompok siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa dari kelompok siswa berkemampuan rendah. Pengelompokan siswa berdasarkan hasil soal tes maka 3 subjek terpilih kemudian diwawancarai untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dalam menyelesaikan soal bangun ruang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan belajar siswa dalam tahap menganalisis, yaitu ketiga subjek dapat memenuhi indikator dalam tahap menganalisis dengan baik. Sedangkan pada tahap mengevaluasi subjek pada siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi indikator mengevaluasi dengan baik, sedangkan pada subjek siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah belum memenuhi indikator mengevaluasi. Hal tersebut disebabkan karena tidak dapat membuat hipotesis dan melakukan pengujian dalam menyelesaikan soal. Sedangkan, pada tahap mencipta, sujek dari siswa berkemampuan tinggi dapat memenuhi indikator mencipta dengan baik, sedangkan untuk subjek berkemampuan sedang dan rendah belum memenuhi indikator mencipta. Karena kedua subjek tidak dapat menciptakan penyelesaian soal.

Kata Kunci : Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan belajar siswa, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:58
Last Modified: 27 Jun 2024 03:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9478

Actions (login required)

View Item View Item