Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Memperbaiki Hukum Bacaan Tajwid Siswa Di MTs Ma’arif 19 Gedung Ratu

Ajizah, Nur (2023) Peran Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Memperbaiki Hukum Bacaan Tajwid Siswa Di MTs Ma’arif 19 Gedung Ratu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
NUR AJIZAH_1901012028.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan adanya siswa yang mengalami kesulitan dalam pengucapan huruf hjaiyah, memahami huruf yang disambung,makharijul huruf, dan memperaktikan hukum bacaan tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui peran guru Al-Qur‟an Hadits mengatasi kesulitan membaca Al- Qur‟an. peneliti berharap guru mampu mengatasi kesulitan tersebut sebagai bentuk usaha dalam memberantas buta huruf Al-Qur‟an. Berkenaan dengan hal di atas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dan mengetahui pera guru Al-Qur‟an Hadits dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al-Qur‟an di MTs Ma‟arif 19 Gedung Ratu serta faktor pendukung dan penhambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis induktif.

Hasil penelitian ini menjukan bahwa peran guru Al-Qur‟an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dilakukan melalui 1) peran guru sebagai guru meliputi: pemberian keteladanan, bimbingan, pengarahan, dan pembinaan pada jam pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran tentang cara membaca Al- Qur‟an yang baik dan benar, 2) sebagai pengajar meliputi mengajarkan materi, membentuk kelompok belajar, memilih metode, memberikan penyadaran, arahan, pemahaman dan motivasi betapa pentingnya membaca Al-Qur‟an, 3) sebagai pelatih dilakukan melalui kelompok tadarus Al-Qur‟an, dan melatih siswa cara belajar Al-Qur‟an yang baik dan benar.

Faktor pendukung guru Al-Qur‟an Hadits dalam menjalankan perannya berupa adanya program bimbingan Al-Qur‟an setiap pagi hari hari yang dibimbing langsung oleh guru BTA, fasilitas dan sarana prasarana yang menunjang siswa dalam belajar Al-Qur‟an mushola, juz‟ama, dan Al-Qur‟an. Adapun faktor penghambat guru Al-Qur‟an Hadits dalam menjalankan perannya berupa rendahnya minat membaca Al-Qur‟an pada diri siswa, kurangnya kefahaman siswa tentang ilmu tajwid, kurangnya perhatian, dukungan dan bimbingan orang tua tentang pentingnya belajar membaca Al-Qur‟an maupun membiasakan anak untuk membaca Al-Qur‟an dirumah.
Kata Kunci: Peran Guru, Hukum Bacaan Tajwid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 18 Sep 2024 08:23
Last Modified: 18 Sep 2024 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9484

Actions (login required)

View Item View Item