Afandi, Mahfud (2024) Pengaruh Penggunaan Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Sabiilul Muttaqien. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI Mahfud Afandi - 1801011084 - PAI.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penggunaan video youtube sebagai media pembelajaran merupakan suatu alat pengantar pesan berupa gambar dan suara (audio visiual) berisi tentang penjelasan materi pembelajaran yang diterangkan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media tersebut menjadi salah satu faktor dapat mempengaruhi hasil belajar dikarenakan dapat mengatasi ketidakjelasan materi menjadi mudah dipahami, sehingga hasil belajar kedepanya menjadi lebih baik. Melihat hal tersebut maka peneliti mengadakan peneltian secara mendalam dengan rumusan masalah
“apakah ada pengaruh Penggunaan Video Youtube terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabiilul Muttaqien?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Penggunaan Video Youtube terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabiilul Muttaqien. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi yang peneliti ambil dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini berpedoman pada jika populasi kurang dari 100 maka diambil semua. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sensus atau sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Sedangkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu “Ada Pengaruh Penggunaan Video Youtube terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabiilul Muttaqien”.
Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data yang berhasil di kumpulkan dengan rumus korelasi Product Moment, maka dalam penelitian ini ditunjukkan nilai rhitung sebesar 0,314. Dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,314 dan rtabel sebesar 0,254 dengan taraf signifikan 5%, artinya rhitung > rtabel, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kemudian nilai rhitung di interpretasikan ke dalam tabel nilai “r”, dapat disimpulkan bahwa rhitung sebesar 0,314 berada antara 0,200 sampai dengan 0,400, sehingga diketahui bahwa ada pengaruh rendah antara variabel penggunaan video youtube terhadap variabel hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sabiilul Muttaqien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 30 Mar 2024 13:52 |
Last Modified: | 30 Mar 2024 13:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9489 |
Actions (login required)
View Item |