Septiani, Selly Putri Ayu (2024) Peningkatan Minat Membaca Pemula dengan Menggunakan Media Puzzle Pada Siswa Kelas 1 SDn 4 Rajabasa Lama. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SELLY PUTRI AYU SEPTIANI.pdf - Other Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat membaca pemula siswa kelas IA SD Negeri 4 Rajabasa Lama. Meningkatkan minat membaca pemula khususnya kelas rendah seperti kelas I dan II membutuhkan perhatian khusus pada saat proses pembelajaran berupa metode atau media. Media puzzle adalah salah satu media yang dapat membantu guru dalam kegiatan proses peningkatan minat membaca pemula pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media puzzle untuk meningkatkan minat membaca pemula siswa kelas I di SD Negeri 4 Rajabasa Lama .
Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan Dua Siklus. Setiap siklus ada beberapa tahapan yaitu Perencaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IA SD Negeri 4 Rajabasa Lama yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa laki- laki, dan 11 siswa perempuan. Lokasi penelitian ini yaitu di Jl.Taman Way Kambas Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu Angket, Observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui data hasil dari observasi pada proses pembelajaran. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menguraikan data hasil angket yang dibagikan kepada siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan dari sebelum diterapkan media puzzle dan sesudah diterapkanya media puzzle. Terbukti pada saat pembagian angket yang dilakukan oleh peneliti diperoleh data angket sebelum diterapkan media puzzle ada tujuh (7) siswa atau 35% yang diatas nilai rata-rata (75) dan dua puluh (20) siswa atau 65% lainya masih dibawah nilai rata-rata (75) .Nilai rata-rata keseluruhan yang diperoleh siswa pada angket sebelum diterapkanya media puzzle dalam pembelajaran yaitu 49,3. Kemudian terjadi peningkatan pada angket sesudah diterapkanya media puzzle yaitu diperoleh data dari 27 siswa yang tuntas atau diatas nilai rata-rata (75) yaitu 25 siswa atau 92% dan 2 siswa lainya atau 8% dibawah nilai rata-rata. Rata-rata yang diperoleh siswa pada angket sesudah diterapkan media puzzle pada proses pembelajaran yaitu 90. Dengan demikian, berdasarkan analisis yang digunakan bahwa media puzzle dapat meningkatkan minat membaca pemula siswa kelas I SD Negeri 4 Rajabasa Lama.
Kata Kunci : Membaca pemula, Puzzle, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 13 May 2024 01:47 |
Last Modified: | 13 May 2024 01:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9490 |
Actions (login required)
View Item |