Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur

Sholiha, Zumrotus (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS ZUMROTUS SHOLIHA - 2171010083 - PAI.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Implementasi kurikulum merupakan penerapan atau pelaksanaan program kurikulum yang telah dikembangkan dalam tahap sebelumnya, kemudian diuji cobakan dengan pelaksanaan dan pengelolaan, sambil senantiasa dilakukan penyesuaian terhadap situasi lapangan dan karakteristik peserta didik, baik perkembangan intelektual, emosional, serta fisiknya.

Dari latar belakang yang sudah dijabarkan tersebut, maka rumusan masalah yang akan berguna sebagai acuan dalam penyusunan proposal tesis ini adalah : Bagaimana cara mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lanpung Timur? Apa saja problematika dalam implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur? Bagaimana solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur?

Berdasarkan fokus permasalahan yang ada diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Untuk mendeskripsikan proses implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur. Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problematika implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 1 Sidodadi Pekalongan Lampung Timur.

Hasil Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek SDN 1 Sidodadi Pekalongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas IV. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar pada Pendidikan Agama Islam terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan pendahuluan lalu kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup. Kemudian terdapat permasalahan yang terjadi dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada Pendidikan Agama Islam yaitu pendidik kurang mengikuti pelatihan, pembelajaran terdiferensiasi yang kurang maksimal dan mindset. Sehingga upaya yang dilakukan dalam problematika implementasi kurikulum tersebut yaitu dengan mengikuti workshop intern/ekstern.

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, PAI

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:58
Last Modified: 30 Apr 2024 03:58
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9502

Actions (login required)

View Item View Item