Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Siswi Kelas VII SMPN 1 Raman Utara

Rahman, M. Aldila (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Kedisiplinan Siswa Siswi Kelas VII SMPN 1 Raman Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
M.Aldila Rahman.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Disiplin siswa bertujuan untuk membantu menemukan diri, mengatasi, dan mencegah timbulnya problem problem disiplin, serta berusaha menciptakan suasana yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi kegiatan pembelajaran, sehingga mereka mentaati segala peraturan yang ditetapkan. SMPN 1 Raman Utara menjunjung tinggi nilai-nilai kedisiplinan. Namun faktanya kedisiplinan siswa di sekolah ini masih belum maksimal, masih banyak siswa dan siswi yang tidak menaati peraturan disekolah seperti mencontek saat mengerjakan tugas maupun ujian, datang ke sekolah terlambat, terlambat masuk kelas saat jam pelajaran berlangsung. Kedisiplinan siswa ini perlu mendapatkan perhatian yang lebih, oleh karena itu guru memiliki peran penting khususnya guru PAI untuk berperan aktif dalam membentuk kedisiplinan siswa.

Pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk kedisiplinan siswa-siswi SMPN 1Raman Utara dan faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kedisiplinan siswa SMPN 1 Raman Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung.

Teknik analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan reduksi data, display data dan verification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Raman Utara telah menjalankan perannya sebagai edukator, tutor, mentor, motivator dan juga sebagai tauladan. Dengan perannya tersebut guru sembari menanamkan karakter disiplin pada anak ketika pembelajaran di kelas maupun dalam kegiatan sekolah lainnya diluar kelas. Tercapainya kedisiplinan pada anak di SMP N 1 Raman Utara ditandai dengan beberapa ciri yaitu, a) tidak terlambat ke sekolah. b) mematuhi aturan dalam berseragam maupun dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada. c) bersikap baik di sekolah. d) tidak berkelahi. e) mau mengerjakan PR tepat pada waktunya. Dalam proses pembentukan kedisiplinan peserta didik pada SMP N 1 Raman Utara dalam kegiatannya tentunya memiliki beberapa factor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membentuk kedisiplinan peserta didik yang pertama, faktor siswa itu sendiri, sikap pendidik, faktor lingkungan.
Kata Kunci: Peran Guru, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:09
Last Modified: 30 Apr 2024 02:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9514

Actions (login required)

View Item View Item