Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 1 Pagelaran Lampung

Azam, Khoiruman (2024) Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 1 Pagelaran Lampung. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS KHOIRUMAN AZAM - 2171010065 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui untuk mengetahui penerapan metode Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Pagelaran Lampung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah SMPN 1 Pagelaran Lampung. Pengumpulan data menggunakan wawancara kepada Pendidik yang mengampu mata pelajaran PAI dan peserta didik kelas VIII. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Problem Solving berperan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Pagelaran Lampung. 2) Kelebihan dan kekurangan metode Problem Solving, diantaranya kelebihan metode ini mampu menjadiakan peserta didik mengidentifikasi masalah dan memecahkannya, lalu mampu memberikan solusi yang realistis dan memiliki dasar hukum. Sedangkan kekurangannya metode ini memiliki kekurangan seperti alokasi waktu yang terlalu panjang. harus memilih materi yang tepat. Serta dalam penerapannya ada faktor yang mempengaruhinya diantaranya pendidik, peserta didik dan sarana prasarana. Jika ketiga hal itu mendukung maka akan menjadi faktor pendukung dan sebaliknya.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peran metode Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PAI peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Pagelaran Lampung. Karena pada langkah-langkah penerapan metode Problem Solving memiliki tujuan yang sama pada langkah langkah meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Metode Problem Solving yang diterapkan dengan tepat, maka tentunya akan berpengaruh dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik sehingga pembelajaran dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap pengembangan berpikir kritis peserta didik, membantu mereka menjadi individu yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Kata Kunci : Problem Solving, Berpikir Kritis, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:42
Last Modified: 30 Apr 2024 02:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9517

Actions (login required)

View Item View Item