Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas Sabrowi Madrasah Diniah Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro

Wardani, Anjani Setia Ayu (2024) Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas Sabrowi Madrasah Diniah Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
ANJANI SETIA AYU WARDANI - Anjani setia Ayu wardani.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Metode sorogan yang diterapkan pada pondok pesantren salafiyah dalam pembelajaran kitab kuning. metode ini sangat memudahkan Santri dalam memahami pelajararan dan tidak kalah menarik dengan metode lainnya.. metode sorogan pada penelitian ini dikhususkan pada pembelajaran fiqih.

Implementasi metode sorogan merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan pondok pesantren. Bisa memahami kitab kuning baik dari segi membaca, mengharokati, mengartikan serta menjelaskan isi yang ada dikitab tersebut.

Pertanyaan penelitian ini yaitu bagaimana implementasi metode sorogan dalam pembelajaran fiqih kelas sabrowi madrasah diniah Nurul Anwar Metro?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui impelemntasi metode sorogan dalam pembelajaran fiqih kelas sabrowi madrasah diniah Nurul Anwar Metro. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif sumber data penelitian ini adalah ustadzah pengajar kitab fiqih, santri, dan ketua madrasah diniah. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan trianglasi sumber dan triangulasi teknik, anlisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman.

Metode sorogan dilaksanakan dengan teknik santri menghadap langsung kepada ustadz pengampu dengan membawa kitab yang di letakan di atas meja kecil dalam sebuah ruang kelasnya kemudian ustadz membacakan teks Arab dalam kitab yang dipelajari dan memberikan makna kata perkata dengan bahsa yang mudah dipahami santri kemudian santri mendengarkan apa yang dibacakan ustadz dan mencocokan kitab yang dibawanya serta melakukan catatan seperlunya kemudian santri melakukan pengulangan apa yang di bacakan ustadz. Dengan tahap akhir ustadz mengkoreksi bacaan santri. Hasil penelian menunjukan bahwa implementasi metode sorogan dalam pembelajaran fiqih berhasil menanamkan pemahaman santri baik dalam membaca, mengharokati, mengartikan dan menjelaskan isi kitab dibuktikan melalui nilai dengan predikat sangat baik, danjuga dalam prakteknya selama pembelajaran dibuktikan dengan kemampuan santri yang dapat menjelaskan kembali dihadapan ustadz isi kitab yang diajarkan.
Kata Kunci : Implementasi, Metode Sorogan, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:09
Last Modified: 30 Apr 2024 03:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9522

Actions (login required)

View Item View Item