Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Catur Sakti Jaya Guna Lampung Timur

Audia, Aprilia (2024) Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Catur Sakti Jaya Guna Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Aprilia Audia.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tentang pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Catur Sakti Jaya Guna Lampung Timur. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan youtube sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VII di SMP Catur Sakti Jaya Guna Lampung Timur.

Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu hanya kelas VII di SMP Catur Sakti. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan observasi untuk memperoleh data penggunaan youtube sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji Homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T chi kuadrat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata terdapat peningkatan nilai pretest kelas eksperimen sebesar 63,75 dan kelas kontrol sebesar 58,9, sedangkan pada hasil posttest rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,7, dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 83,3. Pada hasil perhitungan melalui uji-t, diperoleh nilai thitung = 0,0377 dan nilai ttabel untuk uji dua pihak dengan Db = n1 + n2 -2 (24 + 24 - 2 + 46) adalah 2, 0128 pada taraf signifikan 5%, maka thitung < ttabel yaitu 0,0377 < 2,0128 yang berarti bahwa Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, tidak terdapat pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Catur Sakti Jaya Guna Lampung Timur.
Kata Kunci: Youtube, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:10
Last Modified: 30 Apr 2024 03:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9523

Actions (login required)

View Item View Item