Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IIII Min 2 Metro Pusat

Safitri, Aprilia Yosanita (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IIII Min 2 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
APRILIA YOSANITA SAFITRI.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah, terutama pada mata pelajaran matematika. Adapun kegiatan pembelajaran yang diterapkan di MIN menggunakan model pembelajaran konvensional, yaitu pembelajaran yang hanya terjadi satu arah, dan berpusat pada guru (teacher centered). Sistem pembelajaran ini menjadikan siswa pasif dan kesulitan memahami materi yang abstrak. Memilih model pembelajaran yang menarik, yang dapat menciptakan suasana keaktifan siswa dan membuat pembelajaran berpusat pada siswa (student centered). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III di MIN 2 Metro Pusat.

Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN 2 Metro Pusat. Peneliti memakai teknik pengambilan sampel probability sampling dengan systematic random sampling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian kemudian dianalisis dengan non-parametrik, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III MIN 2 Metro Pusat. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji non-parametrik dengan taraf signifikansi (2-tailed) 0,013 < 0,05. Selain itu pengaruh model problem based learning (PBL) ini dapat dilihat dari nilai rata-rata postest kelas eskperimen = 84,40 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 72,5. Dengan demikian model problem based learning (PBL) ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III MIN 2 Metro Pusat.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan
Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:25
Last Modified: 30 Apr 2024 03:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item View Item