Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemberian Penguatan Materi Pembelajaran Sejarah Dengan Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Al Khoirot Guppi

Ibrahim, Bagus (2024) Pemberian Penguatan Materi Pembelajaran Sejarah Dengan Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Al Khoirot Guppi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
BAGUS IBRAHIM.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena usaha yang dilakukan guru mata pelajaran sejarah yaitu pemberian penguatan (reinforcement) belum dapat dilaksanakan dengan sepenuhnya sehingga motivasi belajar siswa kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemberian penguatan materi pembelajaran sejarah dengan berbantuan media audio visual kelas X MA Al Khoirot GUPPI. Penelitian ini dilakukan dengan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Banyak subjek 21 siswa dan terdiri dari 2 siklus, pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen pengamatan proses belajar dan angket.

Hasil penelitian motivasi belajar siswa melalui pemberian penguatan materi pembelajaran sejarah dengan berbantuan media audio visual menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dimana aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I 73,8 % menjadi 93 % pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 19,2 % dan pada aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh skor 2,1 menjadi 3 pada siklus II terjadi peningkatan skor sebesar 0,3. Peningkatan motivasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dari siswa mempunyai hasrat dan keinginan untuk berhasil, peningkatan ini ditunjukkan pada siklus I sebesar 74% sedangkan siklus II mencapai 83%, terjadi peningkatan 9%, siswa mempunyai dorongan dan kebutuhan untuk belajar, ini ditunjukkan pada siklus I sebesar 62% sedangkan siklus II mencapai 76% terjadi peningkatan 14%, siswa mempunyai harapan dan cita-cita di masa depan, ini ditunjukkan pada siklus I sebesar 71% sedangkan siklus II mencapai 86% terjadi peningkatan 15% dan siswa mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi terhadap materi yang dipelajari, ini ditunjukkan pada siklus I sebesar 64% sedangkan siklus II mencapai 86% terjadi peningkatan 22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilaksanakan. Pada siklus I motivasi belajar siswa sebesar 70% sedangkan pada siklus II mencapai 84%. Hal ini berarti bahwa terjadi peningkatan sebesar 14% sama dengan 3 siswa mengalami peningkatan.
Kata kunci: Penguatan Materi, Audio Visual, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:39
Last Modified: 30 Apr 2024 03:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9528

Actions (login required)

View Item View Item