Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Terdaftar Pada BPOM dan Label Halal (Study Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2019 Di Iain Metro Lampung)

Silvia, Cindy (2024) Perilaku Konsumen Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Terdaftar Pada BPOM dan Label Halal (Study Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2019 Di Iain Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
CINDY SILVIA.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Perilaku konsumen merupakan tindakan langsung yang dilakukan individu, kelompok atau organisasi dalam mendapatkan dan menggunakan barang atau jasa di mana mereka melakukan pertukaran yang diawali dengan melalukan pencarian, penyeleksian, pembelian dan penggunaan serta tindakan setelah mengkonsumsi suatu barang yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi yang bertujuan untuk memuaskankeinginan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku mahasiswi Ekonomi Syariah FEBI angkatan 2019 dengan mengambil sampel di IAIN Metro Lampung tentang produk kosmetik yang tidak terdaftar pada BPOM dan label halal.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel sumber data yang menggunakan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun wawancara kepada mahasiswi ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2019, kemudian data tersebut diolah dengan teknik analisa kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari semua tindakan yang dilakukan oleh mahasiswi mengenai proses keputusan pembelian dalam memilih sampai menggunakan kosmetik, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswi program studi Ekonomi Syariah FEBI IAIN metro termasuk dalam kategori perilaku konsumen dikarenkan mereka terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk kosmetik. Mahasiswi Ekonomi Syariah dapat membedakan antara produk kosmetik yang belum terdaftar pada BPOM dan berlabel halal maupun yang sudah BPOM dan berlabel halal, mahasiswi tidak akan membeli produk yang belum berlabel BPOM dan berlabel halal tetapi, tidak semua mahasiswi menganggap label halal itu penting. Selagi ada manfaat yang dirasakan pada produk yang belum berlabel halal maka mereka akan mencobanya.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Produk Kosmetik, BPOM, Label Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:51
Last Modified: 17 Sep 2024 02:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9529

Actions (login required)

View Item View Item