Arisma, Putri (2024) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Rumbia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI PUTRI ARISMA NEW_4 - Putri Arisma.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rumbia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rumbia yang berjumlah 50 siswa . Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian data diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel X (Perhatian Orang Tua) terhadap variabel Y (Motivasi Belajar) siswa. hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data regresi linier sederhana dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,00 yaitu < 0,05. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rumbia. Adapun hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil data tingkat perhatian orang tua siswa dengan kategori tinggi sebesar 46%, sedang 34% dan kategori rendah 20%. Tingkat motivasi belajar siswa berkategori tinggi sebesar 18%, sedang 78%, dan kategori rendah 4%. Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Rumbia sebesar 24,2% sedangkan 75,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:53 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9531 |
Actions (login required)
View Item |