Ferdiansyah, Rendi (2024) Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan dalam Penggunaan E-Money dan QRIS terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI_RENDI FERDIANSYAH - Rendi Ferdiansyah.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi yang pesat pada sebuah sistem pembayaran yang biasanya dapat dilakukan dengan cara tunai kini dapat dilakukan melalui sitem non tunai E-Money dan QRIS. Praktis dan mudahnya pada penggunaan sistem E-Money dan QRIS yang dirasakan oleh mahasiswa perbankan syariah ternyata dapat merubah sebuah perilaku yang cenderung negative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan dalam Penggunaan E-Money dan QRIS Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu jenis penelitian data yang dikumpulka n berupa angka- angka data berasa l dari dokumentasi da n angket atau Quisioner menggunakan skala Likert. Kemudian mahasiswa perbankan syariah sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Quota Sampling pengumpula n sampe l atau data denga n cara menentuka n jumla h subje k yang aka n diteliti sesuai denga n kriteria yang tela h di tentuka n seperti mahasiswa yang menggunaka n uang elektroni k da n QRIS. Penelitian menggunakan rumus Yamane dan Isacc and Micahel untuk menentukan besaran jumlah sampel dan didapatkan sebanyak 148, kemudiann peneliti mengerucutkan yakni diambil 25% dari jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 37responden yang kemudian data diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 26 For Windows.
Penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji parsial (uji t) uji simultan (uji f).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan X1 berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif dengan nilai 0.29<0.05,variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif dengan nilai sig 0.040<0.05 dan variabel persepsi kemudahan dan kemanfataan berpengaruh secara bersama-sama dengan nilai 0.000<0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:56 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9533 |
Actions (login required)
View Item |