Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Utara

Anggita, Egi Ayu (2024) Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
EGI AYU ANGGITA.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Game Online adalah sebuah game yang dimana terdapat seseorang atau lebih untuk memainkan game tersebut yang terkoneksi dengan internet dan di dalam game tersebut bisa berkomunikasi satu dengan yang lain. Pada dasarnya permainan game online diciptakan sebagai media untuk menghilangkan stress atau penat yang dialami seseorang. Game online sangat berpengaruh terhadap pemainnya sehingga membuat betah berlama-lama berhadapan dengan handphone, laptop, bahkan komputer. Kebiasaan bermain game online dapat memunculkan sifat malas pada siswa yang dimana hal tersebut merimbas pada hasil belajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah ada pengaruh bermain game online terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Utara?‖ Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain game online terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 57 responden siswa dari kelas VII.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Angket ditujukan kepada siswa untuk memperoleh data tentang game online serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan sejarah berdirinya SMP Ma’arif 1 Metro Utara, Visi dan Misi sekolah, keadaan guru dan pegawai, keadaan siswa, keadaan sarana dan prasarana, serta struktur organisasi SMP Ma’arif 1 Metro Utara serta Legger hasil belajar PAI.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada korelasi yang positif antara variabel x dan y, hal ini dibuktikan dari uji korelasinya dengan rumus product moment dan diperoleh hasil pearson correlation sebesar 0,454 berada antara 0,40 s/d 0,59 yang memiliki signifikansi sedang variable x (game online) dan y (hasil belajar) yang dilihat dari nilai sig yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,454 > r tabel 0,266. Artinya variabel game online berpengaruh sedang terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas VII SMP Maarif 1 Metro Utara.
Kata Kunci: Game Online dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 13 May 2024 01:41
Last Modified: 13 May 2024 01:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item