Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kepekaan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Nurul Iman

Widiyani, Putri Nur (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kepekaan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Nurul Iman. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI PUTRI NUR WIDIYANI - 2001070023 - T. IPS.pdf - Other

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pembelajaran IPS yaitu untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa terhadap lingkungan sekitar. Namun, fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa kepekaan sosial masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan sikap individualis, kurangnya empati, dan kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini penting untuk diteliti dan dikaji secara mendalam karena sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kepekaan sosial siswa melalui pengimplementasian model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning kepekaan sosial siswa terhadap kepekaan sosial siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs Nurul Iman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 62 siswa dengan teknik pengambilan sampel jenuh sehingga seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi,dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai rata-rata (mean) N-Gain Score kelas eksperimen sebesar 77,3% dengan kategori efektif dan nilai rata-rata (mean) N-Gain Score kelas kontrol sebesar 68,9% dengan kategori cukup efektif sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak yang berarti model pembelajaran problem based learning efektif terhadap kepekaan sosial siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII MTs Nurul Iman.

Kata Kunci: Model pembelajaran PBL, kepekaan sosial, pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 May 2024 01:43
Last Modified: 13 May 2024 01:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9540

Actions (login required)

View Item View Item