Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Studi Komparatif Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI Boarding School Dan Non Boarding School SMA Islam Plus At-Tholibin Bandar Surabaya

Sari, Nur Rahmah Clarisma (2024) Studi Komparatif Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI Boarding School Dan Non Boarding School SMA Islam Plus At-Tholibin Bandar Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI NUR RAHMAH CLARISMA SARI - 2001010040 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam merupakan pembelajaran yang penting di sekolah, Pendidikan Agama Islam adalah sebuah proses. Secara garis besar kita ketahui bahwa pelajaran yang diterima Siswa di SMA Islam Plus At-Tholibin yang bernaungkan yayasan pondok pesantren Mamba’ut Abkuri Bandar Surabaya, ada siswa yang mengikuti sistem Boarding School dan Non-Boarding School. Siswa dibawah naungan yayasan atau yang mengikuti sistem Boarding School hanya tinggal mengulang mata pelajaran pendidikan agama Islam dan memperdalamnya saja. Siswa yang tidak mengikuti sistem boarding school atau yang penulis sebut Non-Boarding School berbeda dengan siswa boarding school, sehingga siswa yang non harus lebih giat lagi dalam belajar agar dapat mengasai materi pelajaran tersebut. Sedangkan pada siswa non-boarding school juga berbeda jauh dengan alokasi belajar dengan siswa yang Boarding School.

Penelitian ini dalam rangka untuk mengetahui ada perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti Boarding school dan Non-Boarding school dari SMA Islam Plus At-Tholibin Bandar Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa kelas XI di SMA Islam Plus At-Tholibin Bandar Surabaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 54 siswa yang terdiri atas 39 siswa boarding school dan 15 siswa yang Non-Boarding School . Sedangkan sampel yang di ambil berjumlah 15 siswa boarding dan 15 siswa Non-Boarding. Metode untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan interview. Adapun teknik analisis data menggunakan penghitungan melalui SPSS Versi 26 denganmelakukan uji t (Independent Sample T Test).

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa penelitian ini adalah bahwa hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa kelas XI di SMA Islam Plus At-Tholibin Bandar Surabaya antara siswa yang mengikuti sistem Boarding School dan Non Boarding School. Hal ini diperkuat oleh analisis data menggunakan SPSS Versi 26, yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,718, melebihi nilai 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) diterima, dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak, menunjukkan bahwa variabel status siswa Boarding School atau Non Boarding School tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:08
Last Modified: 03 Jul 2024 07:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9542

Actions (login required)

View Item View Item