Astuti, Isna Arifah Dwi (2024) Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Prososial Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Al-Islamiyah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Isna Arifah.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan prososial anak yang belum berkembamg secara optimal, seperti sikap tolong menolong, peduli terhadap teman dan kerja sama. Guru yang mengajar jarang menggunakan metode bercerita seperti menggunakan alat peraga dan audio visual. Guru lebih berfokus pada media yang tersedia, seperti buku cerita. Permasalahan tersebut didasari oleh faktor terbatasnya penggunaan media di Ra Al-Islamiyah, sehingga anak kurang antusias dalam mengikuti kegiatan dikarenakan kegiatan metode bercerita yang diterapkan kurang menarik serta anak merasa bosan, dengan ini peneliti menyajikan kegiatan metode bercerita dengan cara berbeda yang dapat mengembangkan kemampuan prososial anak yaitu menggunakan metode bercerita dengan alat peraga dan audio visual, yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan prososial anak Dengan metode tersebut dirancang dengan konsep pendidikan yang menggabungkan unsur-unsur kreativitas, menyenangkan, petualangan, motivasi, keterampilan dan lain-lain.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Quasi- Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak-anak Ra Al- Islamiyah, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah Kelompok A1 dan Kelompok A2. Instrument pengumpulan data untuk kemampuan prososial anak berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan uji non parametrik (Uji Mann Whitney).
Berdasarkan hasil penelitian hipotesis dan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa penggunaan metode bercerita berpengaruh terhadap kemampuan prososial anak. Hal ini dapat diketahui dari perolehan jumlah nilai skor pre-test dan post-test. Maka nilai sig 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan prososial anak usia 4-5 tahun di Ra Al-Islamiyah.
Kata Kunci: Metode bercerita, Kemampuan Prososial, dan Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 13 May 2024 01:46 |
Last Modified: | 13 May 2024 01:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9552 |
Actions (login required)
View Item |