Syafitri, Leni (2024) Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 5 Way Serdang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
LENI SYAFITRI 1901031037.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Guru sebagai motivator memiliki peran yang penting dalam interkasi selama pembelajaran. Peran guru memang harus ditingkatkan, karena sebagian motivasi terbentuk berkat dorongan dari guru. Motivasi juga adalah dasar bagi adanya kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 5 Way Serdang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di SD Negeri 5 Way Serdang. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya mengenai peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar kelas V SD Negeri 5 Way Serdang dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 5 Way Serdang sudah terlaksana. Adapun hal-hal yang dilakukan oleh guru seperti, Pertama memberikan arahan dengan guru memberitahukan manfaat setelah mempelajari materi IPA di kelas V. Kedua memberikan contoh antusias dan semangat dalam mengajar seperti selalu berpakaian rapi ,selalu semangat untuk memulai pembelajaran dengan cara menggunakan gerak tangan,senyum dan mendekat kepada peserta didik,hal ini dilakukan agar meningkatkan antusias dan semanagat dalam proses pembelajaran, ketiga memberikan penghargaan kepada para peserta didik dengan memberikan apresiasi berupa pujian bentuk pujian tersebut seperti ucapan terimakasih,benar,dan memuji semua siswa pintar kepada peserta didik yang antusias/semangat terlibat walaupun hanya dibangku saja,dan juga memberikan pujian berupa nilai tamabahn agar para peserta didik yang berani maju agar lebih aktif, antusias dan semangat dalam proses pembelajaran. Selain itu guru juga harus memberikan motivasi pada saat kegiatan penutup setelah proses pembelajaran dilakukan agar para peserta didik termotivasi dan semangat dalam belajar baik di sekolah maupun dirumah.
Kata Kunci: Peran Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 13 May 2024 01:41 |
Last Modified: | 13 May 2024 01:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9554 |
Actions (login required)
View Item |