Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Peer Teaching Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih MTs Maarif 22 Bangunrejo

Sukirno, . (2024) Pengaruh Metode Peer Teaching Dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih MTs Maarif 22 Bangunrejo. Masters thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS SUKIRNO - 2071010034 - PAI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu dengan cara mengembangakan strategi dalam pembelajaran. Peer teaching dan problem solving dianggap sangat penting karena dapat merubah proses pembelajaran yang kurang menarik menjadi suatu pengalaman belajar yang lebih menarik dimana peserta didik tidak hanya di berikan teori semata. Peserta didik akan mengetahui bahwa teori yang di pelajari memang bersinggungan langsung dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki pembelajaran yang lebih mendalam. Pentingnya strategi pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar bagi perkembangan siswa diperlukan peran guru dalam memacu siswanya. Berdasarkan uraian yang dikemukakan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh metode peer teaching dan problem solving terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih MTs Maarif 22 Bangunrejo.”.

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh metode peer teaching dan problem solving terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih MTs Maarif 22 Bangunrejo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs Maarif 22 Bangunrejo. Karena jumlah siswa kelas VIII yang terbagi beberapa kelas lebih dari 100, maka sampel yang di ambil 10%-15% yaitu berkisar 30 siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh metode peer teaching dan problem solving terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih MTS Maarif 22 Bangunrejo memiliki dampak secara signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil uji-F diperoleh bahwa F-hitung 12,946 >3,354 pada taraf sig 0,000. Berarti bahwa kedua variabel independen peer teaching dan problem solving dapat digunakan untuk meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih MTs Maarif 22 Bangunrejo.

Kata Kunci : Peer teaching, problem solving dan hasil belajar fiqh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 09 Jul 2024 07:48
Last Modified: 09 Jul 2024 07:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9559

Actions (login required)

View Item View Item