Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III MI Mathlaul Anwar Tulang Bawang

Ambarsari, Fitri (2024) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III MI Mathlaul Anwar Tulang Bawang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FITRI AMBARSARI - 2001031013 - PGMI.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran denan memperagakan dan mempertunjukan pada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya maupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Dengan metode demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pembelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik. Hasil belajar merupakan prestasi yang dicapai setelah siswa menyelesaikan jumlah materi pembelajaran. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar dengan cara diadakan pretest yang diperoleh sebelum diberi tindakan dan hasil belajar postestyang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi yang ditunjukkan dengan nilai yang diperoleh setiap ujian pada setiap akhir siklus.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi yang menyebabkan beberapa siswa mengalami kebosanan sehingga membuat peserta siswa tidak memperhatikan dan menjadikan suasana didalam kelas menjadi kurang kondusif saat pembelajaran Matematika berlangsung di kelas III MI Mathlaul Anwar sehingga nilai yang diperoleh siswa dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan kurang maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas III MI Mathlaul Anwar Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2023/2024. Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demontsrasi ini pendidik menyampaikan materi secara lisan dan dibantu dengan menggunakan alat atau media yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan .

Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan atau tiga kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Mathlaul Anwar Tulang Bawang yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yaitu analisis yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap materi, yang dihitung dengan menggunakan rumus hitung rata-rata dan presentase. Analisis Kualitatif yaitu analisis yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan pendidik selama proses pembelajaran dengan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IIIa pada siklus I sebesar 54,54% pada siklus II hasil belajar siswa kelas sebesar 86,36%. Kemudian hasil belajar siswa kelas IIIb pada siklus I sebesar 65% pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas III MI Mathlaul Anwar Tulang Bawang.

Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:55
Last Modified: 17 Sep 2024 02:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9561

Actions (login required)

View Item View Item